Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menemukan adanya penyakit berupa cacing hati pada sejumlah hewan kurban yang disembelih saat perayaan Idul Adha 2017.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih mengatakan, pemeriksaan dilakukan setelah dilakukan pemotongan hewan kurban.

“Jika paru bagus, hepar bagus, berarti sehat. Namun, dari 50 persen kambing yang sudah dikuliti dan dibuka, kami temukan ada tiga ekor yang terindikasi terkena cacing hati,” kata seperti dilansir dari Antara, Pada hari Jumat (1/9).

Dia menjelaskan, secara kasat mata sebenarnya bisa diketahui daging sehat ataupun terindikasi terkena penyakit cacing hati. Untuk daging yang sehat, permukaan daging akan kelihatan halus, licin, serta warna merah hatinya merata.

“Yang terindikasi terkena penyakit cacing hati, dari permukaan ada yang tidak merata, bergelombang, warnanya ada bercak kuning,” ujarnya.

Tutik mengungkapkan, daging yang sudah terkena penyakit cacing hati tidak bagus dikonsumsi. Untuk itu, dia meminta agar takmir masjid tidak membagikan daging yang terkena cacing tersebut. Daging yang sudah terkena cacing bisa dikubur di areal penyembelihan.

“Jika menemui daging yang terindikasi terkena cacing hati, daging tidak boleh dibagikan. Ini meminimalkan terjadinya penularan penyakit cacing,” tutupnya.

Berikan Komentarmu