Kota Bandung menjadi tuan rumah acara Karnaval Kemerdekaan bertajuk ‘Pesona Parahyangan’ yang akan digelar pada Sabtu, 26 Agustus besok pukul 14.00 WIB. Rangkaian HUT RI ke-72 ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengenakan baju adat Sunda. Rencananya Presiden Jokowi akan mengenakan beskap Sunda.

“Tentu, pakaian Presiden adalah kreasi dari pakaian Sunda. Jadi Beskap Sunda,” ujar Teten kepada wartawan saat acara konferensi pers di Hotel Best Western, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Pada hari Jumat (25/8).

Menurut Teten, baju adat Sunda yang akan dipakai Presiden Jokowi ini dirancang khusus oleh perancang busana di Bandung.

“Pakaiannya hasil perancang di Bandung. Kita sudah menyiapkan sekitar 4 warna. Nanti beliau (presiden) akan memilih besok,” katanya.

Teten mengungkapkan, inisiatif untuk mengenakan pakaian adat Sunda ini merupakan keinginan dari Presiden Jokowi. Melalui pakaian adat yang dikenakan, presiden ingin menampilkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ragam budaya.

“Beliau (presiden) minta ingin berpakaian adat Sunda, tradisi Sunda. Kemudian diminta dibuatkan rancangannya. Setelah itu beliau menyetujui,” ucapnya.

Teten menyebut, jika Presiden Jokowi akan memimpin 2.500 peserta karnaval kemerdekaan yang berasal dari perwakilan budaya 13 provinsi, 20 kabupaten/kota di Jawa Barat serta 43 komunitas. Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi akan menaiki mobil hias dengan rute awal dari Gedung Sate, kemudian Jalan Dago dan berakhir di Taman Vanda, Jalan Merdeka.

“Habis pembukaan, beliau kemudian memimpin arak arakan. Berhenti di Taman Vanda, kemudian habis itu ada panggung dan menyaksikan peserta karnaval sampai selesai. Pa jokowi ikut jalan juga di depan malah, pakai mobil hias yang dirancang. Jadi beliau memimpin karnaval di depan dengan mobil hiasnya sambil menyapa warga sepanjang jalan itu,” pungkasnya.

 

Berikan Komentarmu