Hujan yang mengguyur wilayah Bogor kemarin menyebabkan 100 rumah terendam banjir di Kampung Bantarjati Kaum, RT 5 RW 10, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Pada hari Minggu (9/7). Kejadian tersebut terjadi akibat tebing setinggi 7 meter longsor sehingga aliran air Sungai Cibagolo meluap dan merendam rumah warga di wilayah itu.

Ketua RW setempat, Hamdani mengaku, daerahnya kerap mengalami banjir jika hujan deras turun. Hamdani menyebut, pemicu terjadinya banjir karena Sungai Cibagolo sudah sangat dangkal sehingga diperlukan normalisasi.

“Tadi bersama-sama warga membuka jalur yang menghambat Sungai Cibagolo dengan alat seadanya,” katanya.

“Saya juga sudah mengimbau warga untuk mengungsi ke tempat yang aman,” tambahnya.

Sementara itu salah satu warga, Sudrajat (40) mengatakan, banjir sempat surut, namun tak berselang lama banjir kembali terjadi.

“Banjir sempat surut, tapi terus banjir lagi akibat longsor di tebing. Ada sekitar 100 rumah yang kena banjir,” ucap Sudrajat.

Ia menambahkan, warga sudah menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor. Namun hingga malam hari, belum ada satu pun petugas yang datang ke lokasi.

“Ketinggian air yang masuk ke rumah warga setinggi satu meter. Pak RW sudah menghubungi BPBD dan Wali Kota Bogor, tapi belum ada yang datang,” katanya.

Berikan Komentarmu