Tim Raksasa Spanyol, Barcelona akan punya sponsor baru yang terpampang di seragamnya mulai musim depan. Rakuten akan menggantikan Qatar Airways di bagian depan jersey Barca. | Spanyol

rakuten-barcelona_1asj9kkt2ud4n1as3zyfr4u174

Barca menggandeng Rakuten sebagai sponsor utama global. Barca menandatangani kesepakatan selama empat tahun dengan Rakuten yang berlaku mulai musim 2017/2018 mendatang. Menurut kabar yang dilansir Reuters, kerja sama tersebut bernilai 55 juta euro per tahun (sekitar Rp 792,5 miliar).

Rakuten merupakan situs dagang online terbesar di Jepang yang nilai penjualannya termasuk paling besar di dunia. Perusahaan yang didirikan pada 1997 itu diklaim sang CEO yang juga pendiri, Hiroshi Mikitani, punya lebih dari 18 juta pelanggan.

“Kami tidak perlu tergesa-gesa (untuk menemukan sponsor musim lalu) karena kami ingin menemukan kesepakatan yang menguntungkan,” ujar Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, dalam presentasinya seperti dikutip dari ESPN FC.

“Ini adalah kesepakatan dengan merek global dengan banyak pengalaman yang bisa berkontribusi terhadap kesuksesan Barcelona. Kami harap kerja sama ini membawa kesuksesan dalam hal olahraga dan komersial.”

Tercapainya kesepakatan ini disebut Bartomeu tak lepas dari bantuan Gerard Pique. Bek Barca itulah yang mengatur pertemuan antara Barca dengan Mikitani. “Ini semua dimulai di makan malam pada 2015 yang diatur oleh Pique di San Francisco saat tur klub ke Amerika Serikat. Gerard dan istrinya, Shakira, adalah teman dekat Mr. Mikitani. Dia sangat membantu kami bertemu Mr. Mikitani, jadi kami sangat berterima kasih kepadanya,” ungkap Bartomeu. | Tuanberita.com

Kesepakatan Barca dengan Rakuten disebut-sebut menjadi salah satu yang terbesar untuk kerja sama sponsor klub sepakbola. Nilainya kurang lebih sama dengan kontrak Manchester United dengan Chevrolet yang bernilai 47 juta pounds (sekitar 54 juta euro).

Berikan Komentarmu