Suku Dayak kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Hingga kini, suku yang mendiami pulau Kalimantan ini dipercaya memiliki kesaktian luar biasa. Karena itu pula orang Dayak disegani. Memang, sejak dulu kesaktian orang Dayak ini sudah menjadi rahasia umum.

Karena itu pula, banyak bermunculan benda-benda berbau mistis yang berasal dari Suku Dayak. Salah satunya bernama penyang atau penyong.

penyang ini merupakan sejenis jimat yang diwariskan secara turun-temurun oleh keluarga Suku Dayak. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang berupa kayu-kayuan, batu-batuan, botol-botol kecil yang tertutup rapat. Ada juga yang taring binatang.

Biasanya pemilik peyong menjadikan jimat itu sebagai mata kalung atau diikat bergelantungan pada sarung mandau. Sebagian besar Suku Dayak meyakini penyang dihuni Jata Lalunjung Panjang yang bertempat tinggal di langit ketiga.

Karena itu pula, suku Dayak yakin penyang atau penyong yang mereka punyai memiliki kemampuan khusus, misalnya bisa membuat kebal dari serangan benda tajam. Ada juga yang dipercaya bisa menjadikan pemiliknya jadi pemberani, dan lain sebagainya.

Tidak cuma itu, ada juga jimat yang namanya pla penyang yang diyakini mampu menolak bala, menghindarkan pemegangnya dari bencana, mengobati orang sakit, menghindari gangguan makhluk halus, dan lain-lain.

Namun, pemilik penyang pun harus berhati-hati dalam menjaga jimat tersebut. Sebab, ada pantangan yang tidak boleh dilanggar pemegangnya. Salah satu pantangan yang paling umum ialah, penyang itu terlarang untuk dilangkahi.

Berikan Komentarmu