Penyakit Skoliosis, Miringnya Tulang Penyangga Tubuh Manusia | Tuanberita | Tuan Berita | Berita Terkini
Skoliosis, Miringnya Tulang Penyangga Tubuh Manusia

Tulang merupakan bagian tubuh yang vital, Tanpanya, tubuh manusia tidak akan bisa berdiri dengan tegak. Salah satu bagian tulang yang memegang peranan vital adalah tulang belakang. Sama seperti anggota tubuh manusia lainnya, tulang juga bisa terkena penyakit. Dan penyakit tulang belakang yang cukup terkenal adalah penyakit skoliosis.

Penyakit Skoliosis adalah gangguan tulang belakang yang kemudia membuatnya melengkung ke samping. Kebanyakan kasus skoliosis menimpa anak-anak. Namun jika tidak ditangani secara seksama, maka skoliosis bisa membahayakan tubuh.

Menurut penelitian, kasus skoliosis kebanyakan terjadi karena faktor genetika. Selain itu, kerusakan bagian tulang belakang juga bisa menyebabkan skoliosis degeneratif.

Skoliosis sendiri bisa didiagnosa melalui pemeriksaan fisik pada bahu, tulang belakang, tulang rusuk, dan pinggul yang diawali dengan gejala seperti salah satu bagian pinggul dan tulang belikat nampak lebih menonjol, serta salah satu bahu yang lebih tinggi.

Penyakit skoliosis juga bisa membuat penderitanya mengalami nyeri yang menjalar dari tulang belakang ke kaki, nyeri punggung, nyeri pinggul, dan kesakitan ketika mencoba berjalan atau berdiri.

Dan lebih membahayakan adalah skolioisis bisa memengaruhi sistem saraf ketika salah satu ujung saraf tertekan tulang belakang yang melengkung. Akibatnya kaki jadi kebas hingga gangguan buang air kecil.

Pengobatan Skoliosis

Penyakit skoliosis sebenarnya bisa diobati berdasarkan tingkat keparahan, pola lengkungan tulang, hingga usia dan jenis kelamin penderita.

Pengobatan awal yang bisa dilakukan adalah dengan observasi X-ray yang dilakuka setiap 6 bulan sekali untuk memantau perkembangan lengkungan tulang. Observasi ini biasanya dilakukan ketika penderita masih termasuk dalam kalangan anak-anak dan tingkat keparahan yang masih rendah.

Selanjutnya, penderita akan diberikan obat anti inflamasi untuk mengurangi nyeri yang terjadi.

Tindakan berikutnya adalah dengan pemasangan penyangga atau pen di tulang belakang. Pemasangan pen ini bertujuan untuk menghentikan lengkungan tulang yang semakin bertambah parah. Tentunya, pemasangan pen harus dilakukan oleh ahli kesehatan agar tidak menimbulkan bahaya kesehatan seperti kasus Alya, penderita skoliosis yang pen penyangga tulang belakangnya menonjol hingga tembus di leher.

BACA JUGA : 8 MANFAAT MINUM AIR HANGAT PADA PAGI HARI UNTUK TUBUH

Berikan Komentarmu