Jangan Abaikan Pentingnya Perawatan Luka Secara Benar | Tuanberita | Tuan Berita | Berita Terkini
Jangan Abaikan Pentingnya Perawatan Luka Secara Benar

Sampai saat ini, masyarakat belum aware pentingnya perawatan luka yang benar. Perawatan luka yang seadanya membuat luka membesar hingga bisa membahayakan, bisa menyebabkan amputasi. | Perawatan Luka

“Banyak yang tidak tahu ada orang yang harus diamputasi, diawali satu titik luka yang tidak ditangangi secara benar,” kata Adisaputra R dari Pusat Luka The Specialist Jakarta dan Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk Jakarta, akhir pekan lalu. | Perawatan Luka

Setelah diamputasi bukan menyelesaikan masalah, kata Adi yang ditemui di sela-sela Indonesia Wound Summit 2.0, Sabtu (11/3) masalah belum selesai.

Pasalnya, usai diamputasi potensi berkembangnya luka baru dan amputasi berikutnya tetap ada bahkan bisa memicu kematian.

“Perawatan luka merupakan masalah yang esensial, terutama luka kronik karena bisa menyebabkan kecacatan dan depresi di kalangan pasien dan keluarganya,” katanya.

Sebuah penelitian menunjukkan prevalensi pasien dengan luka adalah 350 per 1000 populasi penduduk. Mayoritas luka pada penduduk dunia adalah luka karena pembedahan, trauma (48 persen), ulkus kaki (28 persen) dan luka dekubitus (21 persen).

Direktur Pemasaran Farmasi PT Kalbe Farma Tbk Johannes Suthya, mengingatkan, masalah psikologis sering kali muncul pada penderita luka kronis ini.

“Bau yang tak sedap muncul dari luka itu bisa menurunkan kepercayaan diri pada pasien. Konsisi luka yang berlarut-larut juga bisa memunculkan depresi pada pasien dan keluarganya,” katanya.

Ia mencatat setiap tahun, biaya perawatan luka itu meningkat 7-8 persen, belum lagi risiko kesakitan dan kematian. Lemahnya perhatian pada luka itu bukan hanya terjadi pada penderita, melainkan juga pada tenaga medis dan tenaga kesehatan atau pemerintah.

Baca Juga : Apa Manfaat Suntuk Hormon Testosteron Untuk Kaum Wanita?

Berikan Komentarmu