Perkembangan sektor pariwisata India berada pada kisaran 7 hingga 8 persen per tahun selama lima tahun belakangan ini. Angka tersebut berada di atas rata-rata angka pertumbuhan sektor pariwisata dunia, yakni sekitar 4 hingga 5 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Vinod Zutshi, Menteri Pariwisata India melalui jumpa pers di sela-sela acara pembukaan International Tourism Mart 2016 di Convention Centre, Sanjenthong, Imphal, India, pada Kamis 24 November 2016.

Kawasan Timur Laut memiliki banyak potensi, namun termasuk yang paling jarang dijelajahi di India. Untuk mempermudah wisata ke sana, pemerintah India akan memberi kemudahan. Salah satunya izin kunjungan (leave travel concession, LTC) ke negara-negara bagian yang termasuk dalam North East State (NES).

Pemerintah bahkan akan memberikan kemudahan khusus kepada kawasan NES untuk ikut serta dalam ajang-ajang pariwisata internasional. Kementerian Pariwisata berkutat dengan perbaikan infrastruktur wisata, semisal akomodasi, konektivitas terujung (last mile connectivity), WiFi, dan bahkan toilet kelas dunia.

Sementara itu, infrastruktur utama dikolaborasikan dengan pihak terkait dalam pemerintah pusat, semisal Kementerian Penerbangan Sipil.

Berikan Komentarmu