Kamu tak akan pernah cukup tua untuk menerima kesenangan akan traveling dan nenek berusia 89 tahun, Yelena Yerkhova, telah membuktikannya. Dengan usia yang telah jauh meninggalkan setengah abad, perempuan asal Rusia ini telah secara regular melakoni perjalanan dan ‘menemukan’ negara-negara baru.

Seperti dimuat Lonely Planet, Yerkhova memulai rangkaian kisah perjalanan ini ketika ia berusia 83 tahun dan baru saja kembali dari Vietnam dan Israel. Perempuan yang kerap dipanggil Lena ini tinggal di Krasnoyarsk, Siberia. Ia baru memulai perjalanan di usia yang kian matang karena mengaku tak bisa melakukannya sebelum ini.

Pasalnya ketika Perang Dunia II ‘meletus’, Lena bekerja di rumah pertahanan garis depan. Pengabdiannya kala itu membuat Lena mendapat dana pensiun yang cukup besar sehingga bisa menutupi biaya perjalanan. Ia sebagian besar menjelajah wilayah Republik Ceko dan menyukai Karlovy Vary.

Ia juga sudah menjamah Jerman dan berharap bisa mengunjungi Italia dan Republik Dominika untuk ulang tahunnya ke-90. Selama di Vietnam, Lena mengendarai sepeda, minum cocktail dan mencicip kuliner lokal. Sementara ketika di Israel, ia berusaha berteman dengan siapapun, baik lokal dan turis.
Alhasil, mereka pun menawarkan berbagai bantuan, termasuk soal makanan dan minuman. Dengan bantuan cucu dan kerabat lain, perjalanan Lena berhasil dibagikan lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Berikan Komentarmu