Di Desa Ini Ada Tradisi Rebutan Uang, Dan Ternyata Desa Ini Ada Di Indonesia Lho..!!
Di Desa Ini Ada Tradisi Rebutan Uang, Dan Ternyata Desa Ini Ada Di Indonesia Lho..!!

Jangan heran bila 10 hari setelah perayaan Kuningan umat Hindu, lembaran-lembaran uang beterbangan di Bali (Tradisi Rebutan Uang). Uang itu bukan jatuh dari langit, tapi sengaja disebarkan oleh warga Desa Bongan, Kabupaten Tabanan.

Uang jenis kertas dan logam rupiah yang disebarkan itu merupakan tradisi atau ritual yang dikenal dengan nama Mesuryak. Nah, kata ‘suryak’ artinya berteriak atau bersorak.┬áJadi, tradisi turun-temurun itu sengaja dilakukan untuk mengantar para leluhur kembali ke surga dengan sukacita | Tradisi Rebutan Uang

Setelah berada di rumah selama dua minggu. Uang itu dari siapa dan berapa besarannya Ternyata tidak ada patokan berapa banyak uang yang harus ‘dihamburkan’. Tapi umumnya, keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke atas, memberikan uang pecahan Rp50-Rp100 ribu untuk ikut dilempar ke udara.

Namun sebenarnya masing-masing keluarga boleh membawa uang sesuai kemampuannya. Uang itu nantinya akan dilemparkan ke udara dan disambut warga lainnya.

Ya, warga saling memperebutkan uang tersebut dan siapa pun dia boleh ikut mendapatkan rupiah itu. Lantaran ingin bersukacita, tak sedikit pengemis yang juga ikut memanfaatkan momen tersebut. | Tradisi Rebutan Uang

Baca Juga : Ditemukan Harta Hitler Senilai 100 Juta Poundsterling

Berikan Komentarmu