Dua remaja yang merupakan wisatawan hilang setelah terseret ombak saat berenang di Pantai Cijeruk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin. Kepala Kantor Badan SAR Nasional Bandung, Slamet Riyadi mengatakan, korban yang masih dalam pencarian yakni Rizal (15) warga Wanaraja, dan Nandang (14) warga Cisurupan, Kabupaten Garut.

“Kejadian pukul 14.00 WIB posisi korban terbawa ombak, sampai saat ini belum ditemukan,” kata Slamet, Pada hari Senin (26/6). Seperti dilansir Antara.

Dia menuturkan, korban merupakan wisatawan yang sedang liburan Hari Raya Lebaran di Pantai Cijeruk, kemudian datang ombak dan menyeretnya.

Tim Basarnas yang mendapatkan laporan tersebut langsung melakukan upaya pencarian bersama petugas gabungan lainnya.

“Kini tim Basarnas dibantu warga dan petugas lainnya masih fokus melakukan pencarian terhadap kedua korban wisatawan lokal asal Garut itu,” katanya.

Ia menyampaikan, wisatawan perlu mewaspadai tentang bahaya di pantai selatan Garut termasuk Pantai Cijeruk yang memiliki karakter ombak besar, serta banyak karang terjal di bawah permukaan laut.

“Pengunjung atau wisatawan agar berhati-hati dan waspada apabila berenang di wilayah pantai selatan Garut termasuk di Cijeruk,” katanya.

Ia mengungkapkan, jajarannya terus berupaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, meskipun jumlah personel terbatas dibandingkan dengan pengunjung yang membludak. Basarnas, lanjut dia, menjalin kerjasama dengan Balawista, Polisi Air dan Udara Polres Garut dan sukarelawan lainnya untuk melakukan upaya pencegahan dan penyelamatan kecelakaan laut.

“Kami imbau wisatawan untuk mematuhi aturan yang diberlakukan oleh petugas pantai seperti larangan untuk tidak berenang di zona merah pantai yang memiliki ombak besar,” katanya.

Berikan Komentarmu