Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama direncanakan akan mengunjungi Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017. Obama akan ke Yogyakarta seusai menikmati liburan di Bali.

Meski demikian, agenda liburan Obama di Yogya masih belum jelas. Menurut Komandan Korem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setyawan, pihaknya masih menunggu lokasi tujuan pasti Obama dari kementerian terkait.

“Lokasi yang bakal dikunjungi masih belum pasti. Lokasi tujuan Obama di Yogyakarta masih menunggu dari kementerian terkait,” ujar Komandan Korem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setyawan usai menggelar rapat persiapan keamanan, Pada hari Selasa (27/6).

Fajar mengatakan bahwa berdasarkan informasi sementara ada beberapa tempat wisata yang akan dikunjungi mantan Presiden AS ini. Di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Tebing Breksi, Prambanan.

“Menyesuaikan dimanapun lokasi yang akan dikunjungi. Hampir semua titik wisata harus kita tempatkan (pasukan),” tutur Fajar.

Fajar menerangkan bahwa meskipun belum ada kejelasan agenda Obama di Yogyakarta tetapi pihak keamanan di DIY telah menggelar rapat terbatas untuk pengamanan Obama selama di Yogyakarta dengan pihak keamanan AS. Rapat terbatas ini digelar di Makorem 072 Pamungkas Yogyakarta.

“Pasukan yang akan dikerahkan untuk pengamanan selama Obama di Yogyakarta akan disesuaikan. Aturan pengamanan Obama selama di Yogya memadukan dengan aturan pengamanan dari aparat AS. Intinya menjamin keamanan. Ada prosedur untuk adanya menghindari gangguan,” pungkas Fajar.

Berikan Komentarmu