Berita Kesehatan - Kenali Tanda-Tanda Pada Tubuh Wanita Kekurangan Nutrisi
Berita Kesehatan - Kenali Tanda-Tanda Pada Tubuh Wanita Kekurangan Nutrisi

Tubuh ramping atau langsing memang dambaan banyak wanita. Karenanya, tak sedikit dari mereka yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh langsing, bahkan sampai ada yang beralih ke tindakan medis untuk mendapatkannya secara kilat lantaran sudah tidak sabar.

Terkadang, metode-metode untuk membuat badan lebih ramping serta beratnya turun tidak selalu baik atau sehat. Pasalnya, banyak dari mereka yang secara sadar dan tidak, kekurangan nutrisi penting untuk pastikan kesehatan tubuhnya. Ini dikarenakan asupan makanan dan minuman mereka menjadi lebih sedikit dan lebih jarang dikonsumsi.

Tidak seperti perubahan bentuk tubuh yang dapat terdeteksi oleh kasat mata, kurangnya nutrisi dalam tubuh tidak terlihat atau terasa secara jelas sehingga banyak dari mereka yang tidak menyadarinya hingga akhirnya betul-betul sakit. Sangat disarankan untuk para wanita mengetahui tanda-tanda kurangnya nutrisi dalam tubuh mereka.

Berikut ini adalah tanda-tanda tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi dan terlalu kurus.

1. Sendi Terlihat Membesar

Kebanyakan orang berpikir saat kita menurunkan berat badan, kita akan kehilangan massa lemak. Tetapi, faktanya adalah bahwa kita cenderung kehilangan massa tubuh dibanding massa lemak. Ini membuat sendi dan tulang Anda terlihat membesar atau menonjol. Kondisi ini terjadi karena hilangnya jaringan otot di sekitar mereka. Kulit Anda juga dapat menjadi kering dan berkerut karena kehilangan perlindungan terhadap tulang Anda. | Berita Terkini

2. Susah Tidur

Bisa jadi masalah susah tidur ini merupakan pertanda Anda mengalami kekurangan nutrisi. Tidur akan lebih sulit jika perut dalam keadaan kosong atau lapar.

3. Mudah Terbawa Suasana Hati

Ketika tubuh kekurangan gizi, Anda mungkin akan lebih merasa berenergi dan memiliki dorongan untuk terus bergerak aktif. Menurut Direktur Medis Child and Adolescent Services at the Eating Recovery Center Denver, Dr Ovidio Bermudez, hal itu merupakan tanda otak memberitahu tubuh untuk bergerak dan mendapatkan makanan. Ketika tubuh menjadi cemas, Anda mulai menyeret emosional sehingga Anda mudah mengalami depresi, cemas dan takut.

4. Haid Tidak Teratur

Memang ada beragam alasan untuk menjelaskan kondisi haid yang tidak teratur. Namun, apabila haid tidak teratur atau tidak mendapatkan haid selama beberapa bulan, bisa jadi pertanda ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Haid yang tidak teratur terkadang merupakan alarm bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi.

Meskipun tidak ada patokan ideal bagi berat badan, namun jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas cobalah untuk menemui ahli gizi. Mungkin saja tubuh kurus Anda karena kekurangan nutrisi. | Berita Kesehatan

Berikan Komentarmu