Steven Gerrard memutuskan pensiun dari sepak bola pada Kamis (24/11/2016), setelah berkarier selama 18 tahun.

Gerrard menghabiskan kariernya bersama Liverpool. Selama 16 musim berada di Anfield, Gerrard bermain 710 kali dan mencetak 186 gol dari 1998 hingga 2015.

Setelah itu, pemain asal Inggris tersebut bergabung dengan LA Galaxy selama 18 bulan, sebelum memutuskan pensiun pada hari ini.

Lalu apa alasan Gerrard pensiun?

“Ada beberapa alasan. Jelas Anda menyadari bahwa ini saatnya dan tubuh Anda mulai memberikan peringatan, serta rasa sakit dan nyeri mulai sering,” kata Gerrard.

“Cara bermain juga sudah berubah. Dalam beberapa tahun terakhir, saya merasa diriku melambat. Pada dasarnya, saya juga tidak bisa tampil seperti biasanya dan seiring waktu frustrasi,” ujarnya.

Atas dasar itulah, Gerrard akhirnya memutuskan pensiun.

“Seorang pemain tidak sepatutnya bermain terlalu lama di mana hal tersebut bakal menjadi memalukan. Saya merasa tidak bisa terlalu lama bermain. Oleh karena itu, ini waktu tepat,” tambahnya.

Setelah memutuskan pensiun, Gerrard akan melanjutkan pekerjaannya sebagai komentator di BT Sport.

“Kini, saya benar-benar bersemangat untuk kembali bekerja sama dengan BT Sport dan meliput Liga Champions dan Premier League. Hal itu adalah sesuatu yang saya nantikan,” tutur Gerrard.
“Namun pada masa depan, saya pastinya memiliki impian untuk menjadi manajer atau seorang asisten manajer, serta kembali terlibat di ruang ganti,” tambahnya.

Berikan Komentarmu