Berita Kesehatan - Inilah Alasan Kenapa Orang Jepang Rajin Konsumsi Lobak
Berita Kesehatan - Inilah Alasan Kenapa Orang Jepang Rajin Konsumsi Lobak

Bentuknya yang kecil, warnanya yang menarik dan rasanya yang kuat dan lezat terutama jika disajikan sebagai salad akan menambah kesegarannya. Lobak ada berbagai jenis, putih, merah, ungu, hitam dan bahkan hijau (yang kita tahu bahwa wasabi berasal dari jenis lobak yang pedas).

Berita Kesehatan - Inilah Alasan Kenapa Orang Jepang Rajin Konsumsi Lobak
Berita Kesehatan – Inilah Alasan Kenapa Orang Jepang Rajin Konsumsi Lobak

Jika Anda suka lobak, Anda sangat beruntung karena manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan minyak yang keluar dari biji lobak sangat menyehatkan dan biasanya digunakan dalam produk kecantikan. Selain itu lobak juga mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Adapun manfaat kesehatan dari lobak sudah terangkum dalam ulasan berikut.

1. Memperkuat Sistem Imun

Dari sekian manfaat lobak, yang terpenting adalah manfaatnya yang bisa memperkuat sistem imun. Kaya vitamin C akan menjaga kesehatan sel darah putih. Tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mengatur metabolisme, membantu sintesis kolagen dan memberikan protein penting yang melindungi terhadap aterosklerosis.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Akarnya adalah sumber potassium yang fungsinya bisa mengontrol tekanan darah, memperbaiki distribusi aliran darah ke seluruh tubuh. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membuat jus lobak-wortel (karena rasa lobak yang kuat) untuk mendapatkan khasiat kesehatannya dengan harga terjangkau. | Berita Terkini

3. Mengurangi Berat Badan

Lobak sering dijadikan menu andalan untuk mengurangi berat badan karena kandungannya yang rendah karbogidrat tapi tinggi serat, vitamin C, potassium, kalsium dan magnesium. Ahli gizi juga merekomendasikan lobak untuk meningkatkan metabolisme dengan mengubah lemak menjadi energi.

4. Merawat Kulit Anda

Kandungan vitamin C, fosfor, zink, dan B kompleks membantu merawat kulit Anda. Air rebusan lobak bisa mempertahankan kelembapan dermis. Bahkan serpihannya dijadikan pembersih wajah. Jangan lupa, lobak sering digunakan dalam produk kosmetik untuk memperbaiki masalah kulit.

5. Untuk Jantung Yang Sehat

Lobak merupakan sumber terbesar antosianin, sejenis falvonoid yang memberikan warna tapi juga baik untuk kesehatan kardiovaskular. Antosianin berperan dalam pencegahan pengerasan dan inflamasi pada vena dan arteri. Jika dibarengi dengan buah berwarna merah dan biru atau sayuran bisa meningkatkan kerja flavonoid.

6. Mengurangi Risio Infeksi Saluran Kemih

Wanita yang paling sering menderita penyakit ini, jika menyukai lobak maka beruntunglah ia. Lobak adalah obat diuretik yang secara alami melancarkan produksi urine. Anda hanya perlu minum dua gelas jus lobak yang dikombinasikan dengan buah segar lainnya (misal strawberi) dalam seminggu untuk melawan infeksi saluran kemih dan melindungi ginjal.

7. Baik Untuk Kesehatan Hati

Lobak bisa menghilangkan racun dalam tubuh atau darah. Dikatakan baik untuk kesehatan hati karena lobak bisa mengontrol dan mengurangi level bilirubin pada pasien jaundice. Lobak juga melindungi sel darah merah serta meningkatkan aliran oksigen dalam darah. | Berita Kesehatan

Berikan Komentarmu