Bantuan Indonesia Untuk Rohingya Tiba Juga Di Bangladesh
Bantuan Indonesia Untuk Rohingya Tiba Juga Di Bangladesh

Bantuan Indonesia Untuk Rohingya Tiba Juga Di Bangladesh

Berita- Kamis, 14 September 2017 kiriman logistik bantuan Pemerintah Indonesia untuk Rohingya tiba juga di Bangladesh. Berdasarkan rilis dari Biro Pers Istana Kepresidenan, bantuan diterbangkan dengan 4 pesawat Hercules TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Rabu, 13 September 2017. Pesawat sempat transit di Aceh dan bermalam di sana.

Perjalanan dilanjutkan pada keesokan harinya. Setelah menempuh penerbangan 4 jam 30 menit, pesawat pertama tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh.

Hercules C-130 dengan nomor body A 1316 ini mendarat pada Kamis, 14 September 2017 sekira pukul 17.00 waktu setempat. Pesawat ini membawa bantuan berupa tenda dan selimut.

Kedatangan bantuan tersebut disambut langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno dan perwakilan dari pemerintah Bangladesh.

Bantuan langsung diserahkan oleh Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno.

Selanjutnya, Rina Soemarno menyerahkan bantuan tersebut kepada pemerintah Bangladesh yang diwakili oleh Distric Commissioner Chittagong, Md Zillur Rahman Chowdhury.

Usai penyerahan, Rina Soemarno mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah Indonesia untuk Bangladesh. Menurut dia, masih banyaknya masalah di lapangan yang membutuhkan bantuan dunia internasional.

“Senang sekali menerima pesawat pertama kiriman bantuan kemanusiaan untuk Bangladesh dari Indonesia. Sudah ditunggu-tunggu baik oleh pemerintah Bangladesh karena ada beberapa kendala keterbatasan di lapangan,” ujar Rina melalui siaran pers, Jumat (15/9/2017).

Baca Juga

Setelah ini, Rina bersama otoritas Bangladesh akan membantu menistribusikan bantuan menuju lokasi pengungsian di Coxs Bazar.

“Dari sini kita akan membantu membawa ke Kota Coxs Bazar, kota terdekat dengan daerah pengungsi sekitar 170 KM dari kota ini. Kita akan bantu sampai di sana,” imbuh dia.

Menurut Rina, kondisi camp pengungsian di Coxs Bazar sangat memprihatinkan. Camp sudah melebihi kapasitas. Belum lagi, kondisi tenda yang seadanya.

“Tendanya hanya didukung oleh tenda bambu yang kalau kena angin atau hujan angin akan terbang,” tutur Rina.

Dua jam berselang, pesawat kedua juga mendarat di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh. Hercules A 1319 ini membawa bantuan berupa 10 ton beras.

Dansatgas Civic Mission TNI AU Marsma TNI Nanang Santoso mengatakan, dua pesawat lainnya masih berada di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh. Keberangkatam kedua pesawat bantaun ini menunggu izin dari otoritas Bangladesh.

“Secepatnya kita sesuaikan dengan flight clearance yang diberikan. Menurut info Ibu Dubes, rencananya Jumat dengan waktu yang sama. Kita akan laksanakan ini sampai tuntas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia,” kata Nanang.

Bantuan Indonesia Untuk Rohingya Tiba Juga Di Bangladesh
Bantuan Indonesia Untuk Rohingya Tiba Juga Di Bangladesh

Berikan Komentarmu