8 Hal Belekan yang Perlu Diwaspadai | Berita Kesehatan Terkini
8 Hal Belekan yang Perlu Diwaspadai | Berita Kesehatan Terkini

Belekan yang hanya muncul sedikit di sekitar mata Anda adalah suatu hal normal, tapi jika ada perubahan warna, konsistensi, atau jumlahnya, bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius. | Berita Kesehatan Terkini

Jika salah satu ciri-ciri belekan di bawah ini Anda alami, segera bicarakan dengan dokter mata Anda, seperti:

1. Mata Anda Terasa Sulit Dibuka

Jika Anda butuh perjuangan untuk membuka mata saat bagun pagi, hal ini bisa menjadi tanda konjungtivitis (mata merah), karena mereka terkadang bisa menyebabkan mata Anda terasa sangat lengket hingga sulit dibuka.

2. Debit Tersebut Membuat Anda Sulit Melihat

Jika mata Anda mengeluarkan lendir yang begitu tebal hingga menganggu penglihataan, jangan tunda untuk menemui dokter. Ulkus kornea adalah infeksi abses pada kornea yang dapat menyebabkan debit sangat tebal dan membuat Anda susah melihat.

“Setiap ada perubahan atau gangguan pada penglihatan, ini adalah hal yang perlu diberi perhatian,” ujarnya.

3. Belekan Anda Tebal dan Lengket

Saluran air mata yang tersumbat dapat mencegah air mata Anda untuk mengering secara normal, menyebabkan kondisi dakriosistitis yang membuat mata menghasilkan cairan yang kental dan lengket. | Berita Kesehatan Terkini

4. Debit Mata Anda Tidak Berwarna Bening

Debit atau lendir mata yang berwarna kuning, hijau, atau putih, bisa menandakan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah), terutama jika mata Anda juga terasa gatal. Ada dua jenis mata merah, yaitu karena bakteri dan virus. Keduanya bisa menular bahkan hanya dengan berjabat tangan saja.

Jika karena virus, Anda terbangun dengan salah satu mata yang merah dan mengalami iritasi. Kemudian satu atau dua hari setelahnya, mata Anda yang satunya juga akan merah. Sedangkan jika karena bakteri biasanya hanya terjadi pada satu mata saja,” ujar direktur Cornea Service and Refractive Surgery Center di Icahn School of Medicine, New York, Penny Asbell, MD, FACS, MBA.

5. Anda Belekan Setiap Saat

Jika Anda memiliki belekan yang akan muncul terus walaupun Anda sudah membersihkannya beberapa kali dari mata Anda, merupakan ide yang baik untuk pergi ke dokter mata.

6. Belekan Saat Memakai Lensa Kontak

“Ketika menggunakan lensa kontak, risiko infeksi serius secara signifikan lebih tinggi,” ujar Dr. Abell. Jika Anda melihat belekan saat mengenakan lensa kontak dan terkadang disertai nyeri atau penglihatan yang berubah, itu adalah tanda waspada bahwa Anda mungkin mengalami infeksi mata. | Berita Kesehatan Terkini

“Berhati-hatilah jika Anda menyadari ada sesuatu yang aneh pada mata Anda. Lebih baik segera lepas lensa kontak dan temui dokter. Jangan hanya berasumsi bahwa semuanya baik-baik saja,” ujarnya.

7. Mata Anda Berair

Mata berair bisa diakibatkan oleh sesuatu seperti alergi atau reaksi terhadap cuaca dingin, tetapi juga bisa menjadi tanda mata kering. Hal ini terjadi karena mata Anda tidak menghasilkan air mata yang cukup, sehingga memicu kelenjar lakrimal untuk melepaskan air mata dengan volume yang besar.

8. Mata Anda Berkerak

Bangun dengan jumlah belekan yang sedikit bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika tampaknya belekan tersebut berjumlah banyak dan mengganggu, Anda mungkin mengalami blepharitis (radang kelopak mata) yang dapat menyebabkan kerak atau belekan di sepanjang garis mata.

Namun selain blepharitis, hal ini juga bisa disebabkan jika Anda memiliki suatu alergi dan juga bisa karena mata kering. | Berita Kesehatan Terkini

Berikan Komentarmu